Kamis, 06 Oktober 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


SMP                           : SMPIT AL ARAF
Mata Pelajaran        : BAHASA ARAB
Kelas/Semester      : VIII / 1
Alokasi Waktu         : 2 x 35 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         3.      BERBICARA / KALAM
                  Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang يَوْمِيَّاتُنَا في المدرسة

B.       Kompetensi Dasar
3.1    Menyampaikan informasi secara lisan tentang  يَوْمِيَّاتُنَا في المدرسة dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur:   mubtada+khabar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Mengidentifikasi aktivitas harian atau  mingguan  di madrasah
D.       Materi Pembelajaran
§    يَوْمِيَّاتُنَا في المدرسة
§    Teks tentang aktivitas di madrasah
§    Kata Tanya aina (أَيْنَ)
E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Menonton video tentang kegiatan sehari-hari di sekolah ((يَوْمِيَّاتُنَا في المدرسة الْأَ عْرَافِ
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang “يَوْمِيَّاتُنَا في المدرسة
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Menerjemahkan الْقِرَاءة  tentang kegiatan sehari-hari di sekolah.
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang يَوْمِيَّاتُنَا في المدرسة
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa menonton video sebagai gambaran dari bahan ajar.
§  Siswa membentuk kelompok untuk mendiskusikan tentang يَوْمِيَّاتُنَا في المدرسة (elaborasi)
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang يَوْمِيَّاتُنَا في المدرسة (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang   يَوْمِيَّاتُنَا في المدرسة  (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang يَوْمِيَّاتُنَا في المدرسة (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan يَوْمِيَّاتُنَا في المدرسة (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50










5


5
Pemahaman Konsep











G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§    Buku Panduan
§    Media audio video
H.       Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang tepat dan benar
§  Menggunakan / mengucapkan  Mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat
Prkatek langsung melalui bercerita

Tanya jawab / wawancara
Uraian

Uraian
§  Buatlah kalimat dengan menggunakan mufrodat secra tepat dalam berbagai kalimat !

Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP.

Sukabumi, 10 Oktober 2016
Guru Bidang Studi Bahasa Arab



ACHMAD MARZUQI, S.Pd.I
..........................................
NIP.


0 komentar:

Posting Komentar