Selasa, 11 Oktober 2016

LAPORAN KEGIATAN RIHLAH BULANAN ASRAMA Oktober 2016

LAPORAN KEGIATAN RIHLAH BULANAN ASRAMA
Oktober 2016

A        LATAR BELAKANG
SMPIT Al Araf Sukabumi adalah sekolah dengan sistem keasramaan. Sistem ini mengharuskan siswa-siswanya berada dan menginap untuk waktu yang cukup selama, tiga tahun selama mereka berada di sekolah tersebut. Keadaan ini tentu mengharuskan diberlakukannya kegiatan yang kontinue dan terpogram di setiap hari, pekan dan bulannya.
Salah satu kegiatan yang disepakati bersama adalah Rihlah (Outing) ke suatu tempat. Kegiatan ini mempunyai tujuan utama untuk merefresh otak anak-anak yang selama hampir sebulan digunakan untuk belajar dan mengikuti kegiatan, sehingga seusai kegiatan ini mereka mampu mengambil pelajaran dan memetik hikmah yang ada sekaligus menumbuhkan semangat baru dalam menjalani aktifitas sesudahnya.
Rizzy Az Zahraa

B         LAPORAN KEGIATAN
1.        Laporan Pelaksanaan
Untuk Rihlah kali ini kita memilih tempat dengan destinasi air yang tinggi. Pilihan itu jatuh pada Rizzy Az Zahraa yang terletak di Selabintana.
Setelah semua persiapan dirasa cukup, kami yang terbagi dalam dua rombongan, mobil Al Araf dan mobil pick up hasil menyewa dari tetangga berangkat menuju lokasi. Dengan total jumlah, 34 siswa, 3 orang guru (dua dari guru naik motor) berangkat di sekitar pukul 08.30, Sabtu, 08 Oktober 2016. Butuh waktu kurang lebih satu jam untuk sampai di lokasi.

Pukul 10.00 setelah dilakukan negosiasi, maka terjadi kesepakatan antara petugas dengan kami sehingga kami bisa masuk dan merasakan gemericik dan dinginnya air waterbooom Rizzy. Dengan hanya merogoh gocek sebesar 50.000 seluruh pengunjung bisa menikmati segala fasilitas yang ada. Kecuali snack dan persediaan ban pelampung.
Sekitar pukul 13.00 makan siang datang, diantar oleh Pak Adhi. Seperti biasa kita bisa menikmati makan siang bersama di sebuah tempat luas yang telah disediakan. Tentunya itu dilakukan setelah selesai menunaikan shalat zhuhur berjamaah. Hal yang cukup unik dari sesi makan siang kali ini adalah ketiadaan tempat (wadah) untuk makan, sehingga sebagian ada yang memanfaatkan kantong kresek, kantong plastik, penutup sayur dan bahan-bahan lain yang bisa dipergunakan untuk wadah nasi dan lauk pauk.
Pukul 14.00 kita bersiap pulang, karena mobil sudah menunggu di parkiran. Alhamdulillah tidak terlampau jauh dari dikumandangkannya azan ashar di wilayah Sukabumi kita telah tiba di sekolah tercinta SMPIT Al Araf. Kegiatan selanjutnya adalah mempersiapkan anak untuk menyegerakan menunaikan shalat ashar. Mobil pick up sampai lebih dahulu, sebelum akhirnya mobil sekolah SMPIT Al Araf datang.

2.        Laporan Keuangan
ESTIMASI PENGELUARAN RIHLAH TO RIZZY
NO
TANGGAL
RINCIAN BIAYA
MASUK
KELUAR
SALDO
1
Sabtu, 08 Oktober 2016
Kas Kelas 7 (10 siswa)
500.000
0
500.000
2
Kas Kelas 8 (9 siswa)
450.000
0
950.000
3
Kas Kelas 7 (15 siswa)
750.000
0
1.700.000
4
Sewa Mobil

250.000
1.450.000
5
Pak Santoso

50.000
1.400.000
6
Parkir-parkir

30.000
1.370.000
7
Tiket Masuk

1.235.000
135.000
8
Snack Panitia

43.000
92.000
9
Sisa Saldo
92.000
Demikian laporan keuangan yang kami selenggarakan. Selebihnya uang tersebut akan diberikan kepada kegiatan tim asrama.

3.    Kendala-kendala
       Tidak semua acara berjalan sesuai dengan rencana, bahkan terkadang sesuatu yang direncanakan bisa berujung pada kegagalan. Apalagi jika tidak direncanakan.
Rencana kita berangkat jam 8 pagi, ternyata baru bisa keluar dari sekolah sekitar satu jam kemudian. Hal ini tidak terlepas dari keterlambatan menyewa kendaraan. Keterlambatan ini tidak lepas juga dari susahnya panitia meminta atau mengumpulkan duit anak-anak untuk bisa disesuaikan dengan kendaraan yang ada. Ketika kelas 8 sudah hendak berangkat dan menyarter mobil sekolah barulah anak-anak kelas lainnya mengulurkan duitnya.
Selain berefek pada kendaraan tentunya berefek pula pada persiapan konsumsi dapur siang hari. Apapun kegiatannya, jika dadakan maka akan susah untuk dinilai sempurna.
Sebuah pelajaran yang tidak boleh terulang di rihlah selanjutnya. Karena siapapun nanti jika enggan untuk iuran maka dianggap tidak ikut serta.
C        PENUTUP
Rihlah Syahriah adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan cara keluar (outing) dari lingkungan sekolah ke tempat-tempat yang mengandung nuansa wisata. Kegiatan ini bertujuan untuk merefresh otak anak-anak yang selama hampir sebulan digunakan untuk belajar dan mengikuti kegiatan, sehingga seusai kegiatan ini mereka mampu mengambil pelajaran dan memetik hikmah yang ada sekaligus menumbuhkan semangat baru dalam menjalani aktifitas sesudahnya.
Kegiatan ini tentu mempunyai sisi positif dan negatif. Namun harapan kami sisi positif dari kegiatan ini jauh melampaui sisi negatif yang ada.
Kritik dan saran sangat kami perlukan dengan harapan semoga untuk Rihlah Syahriyah sesudahnya lebih dipersiapkan lagi sehingga tidak akan terulang persiapan yang tidak matang sampai akhirnya menunda keberangkatan.

Sukabumi, 10 Oktober 2016

Ketua Pelaksana


Achmad Marzuqi





0 komentar:

Posting Komentar