MUQODDIMAH
Kegiatan Tahfizh SMPIT Al Araf |
DIANTARA KEUTAMAAN
MEMPELAJARI DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN
عن عمر ابن الخطاب رضي الله عنه, أن النبي صلي
الله عليه و سلم : إن الله يرفع بهذا الكتاب أقواما و يضع به أخرين. ( روه المسلم)
Dari umar bin khattab
semoga Allah meridhoinya, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : “ sesungguhnya
Allah akan meninggikan derajatnya suatu kaum dengan al qur’an ini, dan dengan
Al Qur’an dia akan merendahkan kaum yang lain. ( HR. Muslim )
عن أبي أمامة رضي الله عنه قال : سمعت رسول
اللهصلى الله عليه وسلم يقول : إقرؤوا القرأن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لإصحابه
( روه المسلم )
Dari abi umamah semoga Allah Meridhoinya, dia
berkata : aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : “ Bacalah Al-Qur’an,
sesungguhnya dia akan menjadi penolong kelak di hari kiamat.” ( HR. Muslim )
- KAIDAH-KAIDAH POKOK DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN
Ø
Ikhlas
Ø
Mampu membaca Al-Qur’an dengan benar
Ø
Tekad yang kuat dan bulat
Ø
Memahami betapa besar amalan ini
Ø
Mengamal kanapa yang sudah dihafal
Ø
Membentengi diri dari jerat-jerat dosa
Ø
Berdo’a
Ø
Memahami makna ayat dengan benar
Ø
Sering mengulang-ulang bacaan ayat al-Qur’an
Ø
Melaksanakan shalat secara khusyu dengan ayat-ayat yang sudah dihafal
- Strategi dalam menghafal Al qur’an
Ø
Membuat perencanaan yang jelas
Ø
Bergabung dalam program halaqah ( kelompok ) penghafal Al qur’an
Ø
Membawa al qur’an kecil dalam saku
Ø
Menggunakan satu jenis mushaf
Ø
Jangan berpindah ayat sebelum benar – benar hafal
Ø
Membagi – bagi surat – surat / ayat – ayat yang panjang
Ø
Memperdengarkan hafalan kepada orang lain
§
Hal-hal yang dapat membantu memudahkan menghafal al-Qur’an
Ø
Mempelajari terjemah ayat – ayat Al Qur’an
Ø
Sering mendengarkan bacaan murattal Al Qur’an
Ø
Sholat malam dengan bacaan ayat – ayat yang sudah dihafal
§ Beberapa metode menghafal
Al-Qur’an yang digunakan
1.
Talaqi Infirodi :
a.
Menghafal melalui kemampuan istima’ ( pendengaran ) melalui arahan bacaan pembimbing.
b.
Dengan mendengarkan bacaan murottal Al-Qur’an
2.
Talaqi Jama’I :
a.
Pembimbing membacakan ayat-ayat yang akan dihafal.
b.
Menyuruh siswa mengikuti bacaan pembimbing secara bersamaan.
c.
Masing-masing siswa ditunjuk secara acak untuk mengulang bacaan tersebut.
d.
Siswa mulai menghafal potongan-potongan ayat.
e.
Pastikan semua siswa menyetorkan ayatnya.
Catatan
:metode ini diterapkan pada kelompok dengan jumlah hafalan dan kemampuan siswa
yang sama.
3.
Metode Tarjamah
Adalah menghafal
dengan cara memahami kosa kata padaayat-ayat yang akandihafal.
4.
Metode Imla’ :
Adalah menulis
ayat-ayat yang akandi hafal.
5.
Metode Klasikal
Adalah membaca
ayat-ayat yang akan dihafal secara sendiri kemudian mengulang-ulangnya hingga hafal.
Metode ini biasanya dilakukan bagi mereka yang sudah mandiri serta bacaan Qur’annya
sudah baik dan benar.
TARGET TAHFIZH
KELAS
|
SEMESTER
|
TARGET
|
TUGAS
HARIAN
|
7
|
I
|
Pemantapan
tahsin & Juz 30, 29 + suratpilihan
|
½
halaman
|
II
|
Juz
1 - 4
|
1
halaman
|
|
8
|
I
|
Juz 5
- 10
|
1 ½
halaman
|
II
|
Juz
11 - 18
|
2 halaman
|
|
9
|
I
|
Juz
19 – 28
|
2 ½ halaman
|
II
|
Pemantapan
hafalan & Ujian Qur’an 30 Juz
|
Muroja’ah
|
KET :
-
Jumlah hari efektif belajar dalam satu semester diasumsikan 80 hari.
-
Jumlah siswa per kelompok 8-10 orang.
DESKRIPSI KEGIATAN HARIAN TAHFIZH
HARI
|
WAKTU
|
KEGITAN
|
SENIN – JUM’AT
|
05.00 –
06.00
|
Setoran hafalan
baru sesi 1/Tahsin (santribaru)
|
07.15 – 07.30
|
Opening & Motivasi
|
|
07.30 – 08.00
|
Muraja’ah juz’iyyah ( infirodi )
|
|
08.00 – 09.00
|
Setoran hafalan baru sesi 2
|
|
09.00 – 09.45
|
Muroja’ah hafalan
baru
|
|
12.30 – 14.00
|
Muraja’ah Bittasmi’
|
|
18.30 – 19.00
|
Muroja’ah hafalan
lama
|
|
Qobliyahshalat
(Dzuhur s.d Isya)
|
Muraja’ah qobliyah
|
|
Ba’daIsya
|
Tilawah jama’I & Closing
|
|
SABTU
|
05.00 – 07.00
|
Ujian Pekanan (hafalan sepekan)
|
15.30 – 17.00
|
Musabaqoh Hifzhil Qur’an
|
PROGRAM TAHFIZH
NO.
|
KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
WAKTU
|
TARGET
|
PROGRAM
HARIAN
|
||||
1.
|
Setoran hafalan baru
|
Program penambahan hafalan untuk mencapai
30 juz yang disetorkan kepada guru setiap harinya.
|
05.00
– 06.00
08.00
– 09.00
|
½ -
2 ½ halaman/hari
|
2.
|
Muraja’ah bittasmi’
|
Mengulang hafalan-hafalan yang
sudah dihafal secara berurutan dan disetorkan kepada guru 5 halaman langsung
|
12.30
– 14.00
|
5
halaman/hari
|
3.
|
Muraja’ah juz’iyyah
|
Mengulang hafalan dari halaman 1
sampai batas akhir hafalan pada setiap juznya.
|
07.30
– 08.00
|
Disesuaikan
|
4.
|
Muroja’ah hafalan baru
|
Menyetorkan kepada teman hafalan 3
halaman terakhir.
|
09.00
– 09.45
|
3
halaman/hari
|
5.
|
Muraja’ah qobliyah
|
Membaca secara infirodi (sendiri)
hafalan yang baru dihafal pada hari itu pada setiap sebelum shalat
|
Ba’dadzuhur,
ashar&isya
|
Dibaca
2 – 3 kali
|
6.
|
Tilawah jama’i
|
Membaca Al-Qur’an bersama secara berurutan
|
Ba’daisya
|
5 -
10 hal/hari
|
7.
|
Muroja’ah hafalan lama
|
18.30 – 19.00
|
1 –
2 juz/hari
|
|
8.
|
Muraja’ah QL
|
Membaca 5 halaman yang disetorkan pada
muraja’ah bittasmi’ ketika shalat qiyamullail
|
Saatshalat
QL
|
5
halaman
|
PROGRAM
PEKANAN (UJIAN)
|
||||
1.
|
Pra-dhobit
|
Pemantapan hafalan sebelum ditasmi’kan
pada ujian dhobit setelah berhasil menyelesaikan 1 juz, dengan menyetorkan kepada
guru.
|
insidental
|
5juz/setor
|
2.
|
Dhobit
|
Mentasmi’kan hafalan dihadapan
orang tua & guru sebanyak 1 juz dan telah melalui ujian pradhobit guna mendapatkan
legalisasi berupa sertifikat.
|
Insidental
|
1
juz/setor
|
3.
|
Ujian pekanan
|
Mentasmi’kan hafalan yang didapat selama
sepekan kepada guru.
|
Sabtusubuh
|
Disesuaikan
|
4.
|
MHQ
|
Uji kelayakan hafalan dengan sistem
Lomba
|
Sabtu
sore
|
1 Juz/uji
|
PROGRAM
BULANAN
|
||||
1.
|
Mabit qur’ani
|
Mabit yang dilakukan di luar area
komplek guna bertaqorrub kepada Allah dengan nuansa yang berbeda
|
Mendapatsemangat&inspirasibaru
|
|
2.
|
Daurah qur’an
|
Seminar motivasiuntuk men-charge
semangat dalam menghafal Al-Qur’an
|
Meningkatnyasemangatmenghafal&muraja’ah
Al-Qur’an
|
|
PROGRAM
TAHUNAN
|
||||
1.
|
Rihlah Qur’ani
|
Wisata dalam rangka keluar sejenak
dari rutinitas untuk mendapatkan semangat baru setelah melewati rutinitas
yang padat
|
Mempereratukhuwahislamiyah
di antarasiswa
|
|
2.
|
Murokkaz qur’an
|
Program setoran Al-Qur’an yang
dipadukan dengan konsep wisata, dengan menggunakan tempat yang nyaman di
daerah yang sejuk & tenang.
|
1
pekan
|
Disesuaikan
|
3.
|
Khotmul Qur’an
|
Ujian dengan mentasmi’kan seluruh hafalan
di hadapan seluruh keluarga besar pesantren.
|
Kelas
9
|
30
Juz
|
4.
|
Wisuda Qur’an
|
Prosesi wisuda & pemberian penghargaan
bagi para huffazh.
|
Kelas
9
|
0 komentar:
Posting Komentar