Rabu, 28 September 2016

Contoh Proposal Kegiatan Rutin Asrama dan Tahfizh SMPIT Al Araf

Proposal Kegiatan Rutin Asrama dan Tahfizh SMPIT Al Araf

A.    LATAR BELAKANG
1.    Kegiatan Tahfizh
Pembinaan tahfidz Al Qur’an ini merupakan salah satu program SMPIT Al Araf Sukabumi yang sudah dimulai sejak tahun 2010 lalu dalam bentuk kegiatan hafalan ayat-ayat Al Quran yang dilakukan oleh seluruh siswa SMPIT Al Araf Sukabumi yang dipimpin oleh seorang ustadz dari kalangan guru dan dilaksanakan secara berjamaah ba’da Shubuh, ba’da Maghrib dan KBM di masjid Jami’ Al Hafizh dan kelas.
Al Araf Study Tour at Bandung
Kegiatan tahfiz ini merupakan salah satu bentuk pembentengan generasi Islam dari pengaruh negatif arus globalisasi yang sudah menggerus moralitas sebagian remaja Islam dewasa ini.Sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab yang besar untuk membentengi generasi penerus bangsa dari pengaruh negatif globalisasi tersebut. Untuk itu menghidupkan kegiatan tahfidz dalam kegiatan pendidikan sangat besar dampak positifnya dalam membentuk karakter dan kepribadian muslim yang berakhlak mulia.
Setelah dilaksanakan evaluasi terhadap seluruh siswa, maka diperoleh hasil bahwa kegiatan tahfizh memerlukan sesuatu yang baru yang bisa memacu dan memotivasi siswa untuk melakukan lebih dalam menghafal dan memurojaah Al Qur’an.
Kegiatan itu berupa kegiatan berjenjang dan berkala di setiap pekan dan akhir bulan dalam sekala kecil dan kegiatan rutin persemester dan akhir tahun dalam sekala besar.

2.    Kegiatan Asrama
Asrama menjadi penopang segala aktifitas di sekolah dengan background boarding. Asrama pula yang mengkoordinir segala kegiatan non-akademik yang lebih menjurus pada pendalaman bidang keagamaan. Bahkan kegiatan asrama bisa menjadi produk unggulan yang menarik minat siswa dan orangtua yang menitipkan anaknya.
Namun segala aktifitas asrama akan menjadi momok yang membosankan bahkan cenderung menakutkan jika tidak terkelola dengan baik. Karena itu, diperlukan kegiatan asrama yang berjenjang, berkelanjutan dan terkontrol dalam asrama yang bisa meningkatkan daya kreatifitas siswa, memupuk rasa tanggung sehingga bisa mereka bawa ketika di dalam keluarga dan bermasyarakat.
Melalui proposal ini, sebagai penopang apa yang kami sebutkan di atas kami menyusun beberapa kegiatan pekanan sekaligus bulanan yang rencananya akan dilaksanakan secara rutin di pekan-pekan yang telah ditentukan.

B.    TUJUAN
Adapun tujuan dilaksanakannnya kegiatan rutin asrama dan pembinaan tahfiz ini adalah:
1.         Menghidupkan dan menumbuhkan kebiasaan baik menghapal al-Qur’an, menjaganya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.         Melatih dan mengasah kemampuan siswa dalam berbagai bidang kegiatan yang dilombakan maupun yang tidak dilombakan.
3.         Membiasakan siswa untuk menghadapi kompetisi di level kecil,sedang dan tinggi.

C.    BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan berupa pembinaan tahfidz al-Qur’an, khataman Al Quran, mabit dan di setiap akhir bulan, kompetisi di beberapa pekan  dan beberapa pelatihan akan dibimbing oleh dua orang guru tahfidz yang sudah berpengalaman, sehingga siswa yang mengikuti kegiatan ini akan memperoleh pengalaman dan pengetahuan khususnya untuk membuka kemampuan tahfidz Al Qurannya dengan baik. (Susunan Kegiatan terlampir)

D.   PELAKSANA KEGIATAN
Pelaksana kegiatan adalah Tim Tahfizh dan Asrama SMPIT Al A’raf Sukabumi dengan melibatkan siswa sebagai komponen yang paling penting.

E.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu pelaksanannya adalah di beberapa pekan tiap di setiap bulan. Tempat yang digunakan adalah di dalam lingkungan SMPIT Al Araf

F.    SUSUNAN PANITIA
Penanggung jawab        : Kartika Adhi
Ketua Asrama                : Mahfud Azis
Sekretaris                      : Achmad Marzuqi
Bendahara                     : M. Syarif Hidayatullah
Anggota                       : Tim Asrama dan Tahfizh SMPIT Al Araf

G.         ESTIMASI DANA
Dalam kegiatan ini, anggaran yag dibutuhkan adalah sebagai berikut:
ESTIMASI KEBUTUHAN RUTIN ASRAMA & TAHFIZH BULAN OKTOBER
NO      URAIAN KEBUTUHAN                                PERINCIAN   NOMINAL
1          Penghargaan siswa berprestasi                                                   50.000
2          Keperluan konsumsi mabit dan khataman                                  100.000
3          Hadiah Pekan Olahraga SMPIT Al Araf (PONSA)                   150.000
5          Hadiah Pekan Qur'ani                                                              150.000
6          Hadiah Jurkamsih                                                                     50.000
TOTAL KEBUTUHAN                                           500.000

H.        PENUTUP
Demikian Proposal Kegiatan Rutin Asrama dan Tahfizh SMPIT Al Araf. Harapan kami agar kegiatan ini mampu menjadi motivasi dan inspirasi. Motivasi agar seluruh siswa dan civitas akademika sekolah ini bisa salaingbersaing dan berlomba dalam kebaikan. Inpirasi untuk selalu berusaha meningkatkan diri dan berusaha untuk selalu menjadi yang terbaik dalam bidang Al Quran, keagamaan dan tata kehidupan sosial.
Akhirnya hanya kepada Allah semata semua urusan diserahkan dan hanya kepada-Nyalah hamba mengharap pertolongan. Semoga segala apa yang kita lakukan mendapatkan kemudahan dan kesuksesan serta dengan harapan agar kegiatan ini dicatat di sisi Allah sebagai amal ibadah yang senantiasa diridhoi-Nya. Amin
Kadudampit, 28 September 2016
Ketua Asrama                                                                                        Sekretaris

Mahfud Azis                                                                             Achmad Marzuqi, S.Pd.I

0 komentar:

Posting Komentar