Kamis, 03 November 2016

LAPORAN KEGIATAN PEKAN OLAHRAGA NASIONAL & SENI AL ARAF Oktober 2016

LAPORAN KEGIATAN
PEKAN OLAHRAGA NASIONAL & SENI AL ARAF
Oktober 2016

A        LATAR BELAKANG
Secara geografis SMPIT Al Araf merupakan sekolah yang terletak di lereng pegunungan Pangrango, masuk wilayah kecamatan Kadudampit. Secara struktur keorganisasian sekolah ini menginduk pada Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Kabupaten Sukabumi. Itu artinya sekolah ini harus mengikuti segala peraturan dan tata tertib yang telah ditetapkan oleh Depdiknas.
Dalam menjalankan operasinya, Depdiknas tidak berjalan sendiri. Dia dibantu dengan adanya gugus wilayah di masing-masing daerah. Satu di antaranya adalah gugus Cisaat yang membawahi wilayah Cisaat sendiri, Kadudampit dan Gunung Guruh. Karena letaknya ada di Kadudampit maka segala bentuk kegiatan, baik pembuatan RPP, pelatihan mapun kegiatan perlombaan.

Di antara kegiatan perlombaan, olahraga menjadi bagian yang tak terpisahkan. Maka sungguh tidak heran jika SMPIT Al Araf selalu mendapat undangan untuk berpartisipasi. Di sinilah perlu diadakannya persiapan untuk bisa ikut andil dan berprestasi. Persiapan itu tentu tidak bisa dilakukan secara dadakan, akan tetapi terus berkelanjutan. Pekan Olahraga Nasional dan Seni Al Araf (PONSA) hadir sebagai solusi untuk mengkader siswa dan menjadikan mereka lebih berprestasi. PONSA juga bisa menjadi ajang evaluasi sampai mana kemampuan siswa dalam bidang olahraga. Seperti apa kegiatan tersebut berjalan dan seberapa sering kegiatan ini dilakukan akan diterangkan dalam Laporan Kegiatan.  

B         LAPORAN KEGIATAN
1.        Laporan Pelaksanaan
Pekan Olahraga Nasional dan Seni Al Araf yang biasa disingkat dengan istilah PONSA ini dilakukan setiap sebulan sekali, di minggu ke-3. Karena kegiatan pertandingan yang membutuhkan waktu lama, maka kegiatan ini dimulai dari hari Sabtu pagi dan berakhir hari Minggu sore.
1)        Tenis Meja (Sabtu, 15 Oktober 2016 Pukul 09.00 – 11.00)
Dalam perlombaan ini, panitia hanya menyediakan 8 kuota untuk seluruh asrama dengan jatah perwakilan 2 peserta per asrama. Hasilnya:
KONTINGEN TIM ASRAMA
Abu Bakar As Shiddiq
: Husna & Hamdan
Umar Bin Khottob
: Fauzi TP & Virgie
Usman Bin Affan
: Nadhif & Bagas
Ali Bin Abi Tholib

: Aziz & Afif
Pertandingan dimulai dengan pembagian grup secara acak sehingga meminimalisir terjadinya pertemuan antara satu dalam babak gugur. Setelah dilakukan petandingan yang cukup ketat, maka sampailah pada babak final yang mempertemukan Hamdan dan Husna (masing-masing dari asrama Abu Bakar). Di sini Husna tampak mendominasi sehingga berhasil mengalahkan lawan dari sesama asramanya. Seperti yang tampak pada skor di bawah ini:

Husna







11
11


Husna

7
8


The Winner of The Year

Hamdan





(Untuk laporan pertandingan selengkapnya terlampir)
2)        Futsal (Ahad s.d Senin, 16 – 17 Oktober 2016)
Pertandingan futsal di bulan ini menggunakan sistem liga yang mempertemukan semua asrama dengan pemenangnya ialah yang mampu mengumpulkan poin terbanyak. Menang = 3 poin, seri = 1 poin dan kalah = 0 poin. Pertandingan yang yang dilangsungkan selama dua hari ini berjalan cukup seru. Tidak ada tim gurem tidak pula ada tim unggulan. Total ada 73 gol yang dilesakkan dari 6 pertandingan yang digelar. Dengan Bagas sebagai top skor (17 gol). Hasil akhir pemenang ada di bawah ini:
PERTEMUAN KE-3
NO
TEAM
MAIN
MENANG
SERI
KALAH
G - K
JML
POIN
1
Usman Bin Affan
3
2
1
0
26-15
11
7
2
Umar Bin Khattab
3
2
0
1
20-20
0
6
3
Abu Bakar As Shiddiq
3
1
1
1
18-17
1
4
4
Ali Bin Abi Thalib
3
0
0
3
16-28
-12
0
(Untuk laporan pertandingan selengkapnya terlampir)


2.        Laporan Keuangan
Setiap kegiatan hampir bisa dipastikan membutuhkan sokongan dana. Dana juga bisa menjadi faktor penentu lancar tidaknya suatu kegiatan. Alhamdulillah dalam kegiatan PONSA ini tim panitia tidak mengeluaran sepeser rupiahpun. Kenapa? Karena pengeluaran uang dirapel di pekan terakhir bulan Oktober atau di awal bulan Nopember.
3.    Kendala-kendala
       Tidak semua acara berjalan sesuai dengan rencana, bahkan terkadang sesuatu yang direncanakan bisa berujung pada kegagalan. Apalagi jika tidak direncanakan.
Rencana perlombaan futsal Sabtu pagi jam 6 pagi,  baru terealisasi esok harinya. Tim panitia tidak memperkirakan adanya faktor non teknis yang menimpa. Pak Syarif selaku penjaga bola futsal sedang ada tugas ke luar sekolah, sementara bola yang hendak digunakan ada di kamar beliau. Setelah dikonfirm, beliau baru bisa datang Sabtu sore
Menjelang maghrib. Tak ada pilihan selain menunda pertandingan hingga esok hari.
Tidak hanya futsal yang menemui kendala, tenis meja juga menemui masalah yang tak jauh berbeda. Tak ada persediaan bola tenis yang memadai, alat-alat pertandingan seperti net, bet yang tak diketahui letaknya jadi faktor penunda.
Harapan untuk pertandingan bulan depan adalah bagaimana seharusnya tim panitia menyediakan alat pertandingan, memastikan tempat dan kepanitiaan minimal sehari sebelum hari H. Dan juga pengadaan barang seperti bola futsal (yang sedang digunakan milik kelas 7) dan bola tenis (yang sedang digunakan milik Anshori, namun pecah sudah diganti) harusnya milik sekolah atau paling tidak hasil semua siswa, bukan perorang atau milik satu kelompok.

C        PENUTUP
PONSA merupakan kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan siswa di bidang olahraga. Kegiatan ini dilakukan stiap bulan sekali di pekan kedua atau ketiga. Kegiatan ini selain memberikan dampak positif berupa peningkatan kesehatan juga memberi kesempatan siswa agar bisa dewasa. Menyikapi hasil dengan legowo, menang atau kalah. Seperti yang dikemukakan di atas, kegiatan ini bukan berarti tanpa kendala. Namun alhamdulillah semua itu bisa di atasi dan menjadi pelajaran di even berikutnya.
Sukabumi, 18  Oktober 2016
Ketua Pelaksana


Achmad Marzuqi

0 komentar:

Posting Komentar